Posts

Showing posts from October, 2015

Pendapatan dari Internet: Jualan di Marketplace - Tokopedia

Image
Jualan di Tokopedia ternyata nggak sulit-sulit amat loh. Cukup buka akun, upload foto, harga, setting pengiriman yg dilayani dan mulai. Nggak sampai 30 menit, voila .. toko jadi :-D

Saya mencoba jualan spidol whiteboard merek HQ Line, kebetulan anak pemiliknya teman dekat saya sehingga dapat harga pabrik dari dia.  Saya coba jualkan melalui FJB Kaskus, OLX dan Tokopedia.

Hasil percobaan dalam dalam seminggu:
- Kaskus 26 vews no response.
- Tokopedia 6 views 1 order:-)
- OLX, iklan dihapus dalam semalam krn disana ngga boleh pakai foto dari brosur. Ribet. Belum dicoba lagi

Screenshoot dibawah adalah bukti transaksinya di Tokopedia.
Lumayanlah :-D untuk membuktikan bahwa jualan di marketplace ternyata worthed to try.



Sekedar tips, sebelum mulai buka lapak di marketplace pastikan barangkita unik dan harga kita bersaing, karena pembeli dengan mudah banding-banding harga sebelum beli.


Oia.. jika ada yg mau beli juga atau mungkin minat jadi reseller spidol whiteboard HQ Line, silakan buka w…

Pendapatan dari Internet: Freelancing

Image
Sebagai dosen eCommerce di Tel-U, tentu harus praktek apa yg diajarkan. Jadi, sumber pendapatan dari internet bukan melulu jual barang apalagi cuman buat pasar Indonesia. Salah satu alternatifnya bisa juga dgn jual jasa. Cari orderan jasa bisa di freelancer.com atau upwork.com disana ada jutaan orderan jasa dari seluruh dunia, (Australia, Kanada, Eropa dll).  Pekerjaan beragam,  mulai dari simple data entry, nulis artikel, edit photo sampai programming yg jelimet. Dengan bayaran dollar tentunya.
Saya perhatikan masih sedikit sekali orang Indonesia yg bekerja mencari dollar disitu, masih didominasi orang India dan Pakistan. Mungkin karena kita ngga pede, atau malu dgn bahasa inggris kita yg kurang bagus. Tapi Inggris kan bisa dipelajari dan akan tambah lancar kalo dipraktekan. 
Saya yakin kalo tekun cari pasti bisa dapat. Krn nggak perlu kemampuan teknis yg tinggi utk dapat kerjaan. Sebagai percobaan saya, dapat orderan AUD 500 di minggu pertama daftar di freelancer.

Ayo, semangat car…