Posts

Showing posts from November, 2014

Perjalanan ke Melbourne (1)

Image
Ketika pertama kali mendengar Melbourne, yang terbayang dalam benak ini adalah sebuah kota besar, gedung betingkat, hangat, penuh trem dan heterogen.
Tapi kayaknya nggak sepenuhnya benar.
Ini adalah kali pertama saya ke Melbourne, bahkan ke Australia, tangga 15 Nopember 2014, untuk tugas yang diberikan kantor untuk membuka peluang bisnis IT offshoring, yakni mencari peluang pekerjaan berbasis IT di Australia yg bisa dikerjakan di Indonesia.
Hal pertama yang aku lakukan adalah mencari tiket berangkat, dengan menggunakan www.Skyscanner.com. Web ini adalah search engine (agregator) yang mencarikan alternatif penerbangan dan dapat di-sort dari yang paling murah sampai paling mahal. Tuh.. gambar dibawah kelihatan, yg paling murah pada tanggal itu adalah Jetstar, USD 474 udah dapat penerbangan pp Denpasar - Melbourne. 



Walopun low cost, tapi pesawat jetstar lumayan baguslah.. wide body, ada tv system didalamnya. Tapi harus diingat namanya low cost, dia akan berupaya menarik uang tambahan d…

Perjalanan ke Dili, Timor Leste

Image
Untuk keperluan koordinasi dengan calon klien masalah training plan perusahaannya, Alhamdulillah aku dapat kesempatan untuk berkunjung ke Dili, Timor Leste. Sekarang mah luar negeri ...

Negeri ini jumlah penduduknya cuma 1 juta orang, 70 persen tinggal di Dili.  Sebagai negara baru nan kecil, timor leste belum memiliki mata uang sendiri, jadi mata uang yang dipakai adalah USD, ada juga sih koin lokal namanya centavos 1 centavos = 1 sen usd. Sebelum berangkat kami menurkarnya di konter Bank Mandiri Bandara Ngurah rai. Rate-nya bagus kok daripada di money changer di parkiran bandara.

Berangkat dari Bandung - Dps menggunakan Citilink sore, nginap dulu di DPS untuk lanjut besok paginya pakai Sriwijaya Dps-Dil jam 08.10.
Tiba di Bandara Nicola Lobato, penumpang mengantri visa on arrival. Sudah harus siap dengan biaya visanya USD 35 bayar di tempat. Menurut cerita dari petugas Sriwijaya air ngurah rai, buat yang pertama kali datang ke Dili atau bahkan pertama kali keluar negeri, maka mereka…