Speed of Trust


Istilah ini saya kenal saat mengikuti HR Conference internasional di Jakarta ada perusahaan konsultan yang mempresentasikan topik ini. Menarik. Katanya Trust akan menaikkan speed dan menurunkan Cost. Sebaliknya, bila Trust rendah, speed juga akan rendah sehingga cost akan meningkat. Lalu saya coba googling, ternyata topik ini adalah judul sebuah buku dari Stephen Covey


Speed of Trust...Rasanya saya mengalami ini. Minimal pada beberapa kasus:


  • Dengan supplier, mereka selalu menawarkan untuk ambil barang di muka dulu. Mereka bilang biar cepat, sekaligus menjaga level stok mereka senantiasa up to date. Dibayar bulanan atau mingguan. Tapi saya selalu menolak, saya lebih suka cash on delivery saja karena khawatir jika pembayaran ditunda jika ada dispute saat rekonsiliasi, malah menjadikan hubungan baik saya selama ini menjadi rusak.

  • Dengan karyawan lebih lagi. Saya percayakan semua uang keluar masuk sekaligus pembukuannya pada mereka secara tim. Hampir semua akses keuangan saya berikan : ATM, PIN, internet banking, SMS Banking dll. Walhasil saya tidak perlu hire tenaga administrasi lagi, begitu pula audit keuangan saya lakukan "sekedarnya" sendirian. Mereka juga lebih cepat menghandle transaksi karena kewenangan sudah diberikan penuh, saya tinggal fokus pada pengembangan usaha.

  • Dengan pelanggan, yang ini Trust bagi saya menjadi agak selektif khususnya kepada agen yang belum lama berhubungan, maka kehati-hatian tetap menjadi utama.


Kembali ke buku, ada kata Covey, untuk mendapat kepercayaan, seseorang harus memiliki KREDIBILITAS, yang katanya dapat dibangun dengan 4 langkah yakni :



  1. Integrity: Being the sames individual inside and out (no gap between intent and behavior).

  2. Intent: Having a good plan, or purpose.

  3. Capabilities: Creating both personal and organizational credibility.

  4. Results: Classify an individual as a producer and performer

Selanjutnya Covey menerangkan 13 perilaku yang bisa menjadi indikator apakah kita (atau seseorang) trusted atau tidak, perilaku itu antara lain:



  1. Talking Straight

  2. Demonstrating Respect

  3. Creating Transparency

  4. Righting Wrongs

  5. Showing Loyalty

  6. Delivering Results

  7. Getting Better

  8. Confronting Reality

  9. Clarifying Expectations

  10. Practicing Accountability

  11. Listening First

  12. Keeping Commitments

  13. Extending Trust

Demikian sekedar sharing. Salam "high trust".

Comments

Popular posts from this blog

Washington 2017 - 1st story

Wisata Museum Linggarjati Kuningan

Mengenal Anatomi Sepatu