Mengenal Anatomi Sepatu



Berikut ini adalah daftar istilah yang digunakan untuk menjelaskan bagian sepatu. Beberapa istilah yang merujuk ke bagian sepatu untuk semua juenis namun ada pula istilah-istilah yang hanya berlaku untuk jenis tertentu atau gaya sepatu.


Sole: Seluruh bagian bawah sepatu dari depan ke belakang.

Upper:
Seluruh bagian atas / penutup sepatu.

Heel (Tumit): Semua udah tahu khan ? itu loh.. bagian yang meninggi di belakang sepatu. Heel ini ada 2 bagian yaokni "heal seat" yang merupakan bagian atas dari tumit, dan "top piece" yakni bagian dari yang tumit yang bersentuhan dengan tanah.

Breast: bagian yang menghadap kedepan bagian tumit, di bawah lengkung yang tunggal

Feather: bagian dari sepatu di mana dari ujung upper bertemu dengan Sole .

Counter: Bagian yang agak keras dari Heel yang terdapat diantara lapisan atas dan Heel. yang membantu menjaga bentuk sepatu. Counter ini membantu memperkuat belakang dari sepatu.

Insole: Sebuah lapisan bahan yang di antara Sole dan telapak kaki. Insole ini menambah kenyamanan pemakai, dan memsisahkan kaki dengan Heal Seat.

Outsole: Bagian terbawah dari sepatu yang bersentuhan dengan tanah. Bahan pemuat outsole ini beragam, bis akaret, plastik, kulit keras bahkan kayu. Karakteristik outsole yang baik antara lain: Cengkeraman (grip), daya tahan, dan tahan air
Linings: Mayoritas Sepatu memiliki Lining pada sisi dalam sepatu dan dipasang disekitar Vamp & Quarter. Lining ini untuk meningkatkan kenyamanan pemakai dan membantu menambah umur Sepatu.

Puff: Penguat bagian atas atas kaki, berfungsi untuk memberikan bentuk dan tahanan.

Quarter: Bagian tumit sepatu sebelah dalam yang menutupi tumit kaki bagian belakang. Untuk sepatu wanita, biasanya heel dan quarter dicetak dalam satu bagian.

Seat: Dudukan heel pada sepatu. Bentuknya harus cocok dengan heel yang dipasang dan dapat menyangga dengan baik dan nyaman

Shank: Plat besi yang terpasang antara Sole dan insole ke arah depan. Biasanya terdapat pada sepatu safety / TNI.

Throat: Bagian depan Vamp sebelum ujung sepatu (Toe Cap). Beberapa sepatu memiliki Vamp dan Quarter yang bersatu sehingga tidak ada bagian Throat secara terpisah.

Toe cap: Ujung sepatu bagian atas. Ada banyak ragam dari Toa caps yang berfungsi sebagai bagian dekorasi dan pelindung jari ini

Top Piece: Bagian paling bawah dari Heel / tumit yang bersentuhan dengan tanah. Biasanya terbuat dari bahan yang kuat untuk bergesekan dengan segala jenis permukaan tanah.

Vamp: Penutup bagian atas sepatu dari depan sampai ke Quarter.

Waist: Alas bagian depan (dalam) sepatu

Welt: Meterial penghubung Upper dengan Sole .

Tongue : Lidah sepatu. Biasanya pada sepatu pria yang bertali sepatu, sebagai pemisah antara tali dengan kaki bagian atas.

Source: shoeguide.org

Comments

Mas Kiki, mohon ijin share ya tulisannya tentang sepatu ini..
Arini said…
Mas kiki boleh tau ngga ini sumbernya dari buku apa ya?

Popular posts from this blog

Washington 2017 - 1st story

Wisata Museum Linggarjati Kuningan