Review - Plan - Do

Review meeting Tim SepatuBandung.com bulan Desember di food court MTC kemarin menggambarkan penurunan omset. Sesuatu yang belum pernah terjadi kecuali saat pasca lebaran. Walopun turunnya masih kurang dari 10%, hal ini cukup menarik perhatian, karena biasanya trend omset berjalan meningkat setiap bulan. Minimal omsetlah.. kalo laba masih naik turun, tergantung apakan ada pengeluaran extra di bulan berjalan atau tidak.

Gambaran lainnya adalah trend omset & laba yang cenderung datar, hal ini tidak sesuai dengan yang diinginkan saat rencana awal tahun.

Secara pribadi saya tidak terlalu cemas karena belum menjadi kondisi yang gawat, namun dalam forum business review hal ini tentu harus menjadi pembahasan, karena kita harus punya rencana aksi supaya trend tidak berlanjut.

Beberapa hal yang disinyalir sebagai penyebab antara lain:
1. Banyaknya hari libur, Desember memiliki 3 tanggal merah, hal ini menyebabkan aktivitas bisnis terhenti mengingat kami libur di tanggal merah.
2. Aktivitas liburan panjang mungkin cukup menyedot cash flow para konsumen, sehingga belanja sepatu berkurang (masak sih.. ini analisis amatiran..qi..qi)
3. Upaya marketing yang dilakukan saat ini hanya cukup untuk mendapatkan pencapaian eksisiting dan tidak lagi memadai untuk mencapai target dan trend omset yang diinginkan naik terus. Perlu dicari upaya-upaya lain yang tidak sama dengan yang telah dilakukan (breakthough)

Sebagai bisnismen muslim dengan tuntutan ikhtiar yang maksimal, rasanya nggak klop jika kondisi ini tidak dibarengi dengan rencana aksi, berikut rencana aksi yang disepakati saya dan tim:
1. Mencari pasar ekspor, sebenar lagi webstore untuk pasar ekspor diharapkan jadi sekedar bocoran alamatnya http://Toko.SepatuBandung.com sudah diset ngInggris, namun ada beberapa hal yang masih perlu dibenahin. Mudah2an akhir bulan ini beres.
2. Meningkatkan belanja iklan dengan mencari peluang beriklan di media lain.
3. Merencakan untuk buka toko di tanggal merah.

Mudah-mudahan action plan ini dapat menjadi ikhtiar yang baik dalam mencari rezeki yang halal, ikut berkontribusi dalam perekonomian riil dan juga bagian daripada Good Governance bisnis kami. Salam (kisud)

Comments

Anonymous said…
[url=http://ebiteua.com/forum62-prostitutki-nikolaeva-i-oblasti.html]Prostitutki Nicolaeva[/url]

Popular posts from this blog

Mengenal Anatomi Sepatu

Mengenal Jenis Sepatu Wanita

Ide Tugas Akhir Informatika: LPSE Crawler