"Sepatu Bush" Laris Manis di Turki

ISTANBUL,MINGGU-Perusahaan Turki yang memproduksi sepatu yang dipakai wartawan Irak untuk melempar pada Presiden George W. Bush, dalam sepekan belakangan ini kebanjiran pembeli.

Ramazan Baydan, pemilik pabrik sepatu itu di Istanbul, mengemukakan kepada kantor berita Jerman, DPA, bahwa ia telah menerima pesanan sebanyak 300.000 pasang sepatu dari model yang sama yang dilemparkan Muntazer Al-Zaidi kepada Presiden Bush. "Bahkan seorang yang datang dari Amerika telah meminta hak distribusi," kata Baydan.

Pengusaha itu ingin mengubah nama sepatu model tersebut, yakni sepatu kulit coklat dengan tapak sepatu tebal, sebagai "sepatu Bush". Di Turki sepatu ini dijual dengan harga 42 dollar (sekitar Rp 460.000) di tingkat grosir.

Reporter berusia 29 tahun itu melempar sepasang sepatunya pada Bush, Minggu (14/12) lalu, dalam jumpa pers yang digelar Bush dan Perdana Menteri Irak, Nuri Al-Maliki.

Zaidi melempar sepatunya sambil berkata dalam bahasa Arab: "Ini adalah ciuman perpisahan dari rakyat Irak ..., Namun Bush berhasil mengelak.

Sebuah halaman bagi Zaidi di laman internet jaringan sosial Facebook, memiliki lebih dari 14.500 penggemar, sedangkan "Satu Juta Sepatu untuk George W. Bush" hanyalah salah satu contoh dari berbagai kelompok yang khusus didedikasikan kepada Zaidi. Beberapa menyerukan pembebasannya, dan yang lainnya memuji keberaniannya.

Sumber: Kompas.com

Comments

Popular posts from this blog

Washington 2017 - 1st story

Wisata Museum Linggarjati Kuningan

Mengenal Anatomi Sepatu