Rezeki: Sudah ada yang ngatur atau Rezeki itu perlu diusahakan?

Dua-duanya benar bro.. 
Liat pepatah bahasa Inggris pada gambar dibawah,


"ADA orang yang sukses karena sudah TAKDIRNYA,
Tetapi KEBANYAKAN orang sukses karena mereka mereka BERUSAHA KERAS...."

1. Rezeki sudah ada yang ngatur.
Ini benar, ada dalilnya: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi ini melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)" (QS. Huud : 6)



Tapi kebanyakan contoh berlaku pada bayi, dan beberapa jenis binatang dan tumbuhan lho..
Bayi yang belum lahir dijamin rezekinya sejak dalam kandungan, lantas diberikan ilham kepada ibunya untuk menyusui. Cicak yang nggak bisa terbang makanannya serangga. Ada tumbuhan pemakan serangga, yang notabene nggak bisa gerak sama sekali. Itu pun tetap si Cicak dan Tumbuhan itu punya ikhtiar dalam  menangkap mangsanya. Sementara bayi berikhtiar dengan menangis. Subhaanallah! Demikianlah kekuasaan Allah Yang Maha Penjamin Rezeki mahlukNya.

2. Rezeki itu Perlu diupayakan
"Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar-Ra'd : 11)
See..? Allah mempersyaratkan kita untuk berusaha, mengupayakan kehidupan yang lebih baik. Berupaya dengan cara yang halal dan sesuai syariat. Maksimalkan

So. Jangan berlindung dibalik argumen pertama diatas padahal kita malas.  Jangan bilang rezeki sudah ada yang ngatur padahal ikhtiar belum maksimal. Tetaplah berusaha kawan... kita bukan Bayi atau Cicak bukan?

Salam.
Kiki Sudiana

Popular posts from this blog

Mengenal Anatomi Sepatu

Mengenal Jenis Sepatu Wanita

Jalan-jalan Melbourne (3)