Sharing Cara Memulai Bisnis Online

Hari kamis, 28 Februari lalu, saya diundang untuk sharing di acara Indipreneur Festival, sebuah acara yang diselenggarakan Telkom, yang bercita-cita untuk membantu meng-online-kan pebisnis-pebisnis UKM dilseluruh Nusantara.

Di hadapan 150an peserta, bersama kang Angga dari penggiat Sindikat Kuliner Bandung, saya sharing bagaimana memulai dan menata bisnis online.

Dari survey singkat para peserta, memang baru 10-15% peserta UKM yang sudah memiliki website. Oleh karena itu saya fokus pembicaraan pada pembuatan dan pengelolaan bisnis online itu.



Intinya, karena sudah banyak pihak yang menyediakan web gratisan, kita para pengusaha UKM jangan ragu-ragu untuk belajar dan memanfaatkan fasilitas gratisan ini. Belajarlah membuat blog, membuat toko online ataupun ikut dalam marketplace gratisan seperti salah satunya www.SmartBisnis.co.id yang digagas Telkom ini. Oia.. selain menyediakan toko gratis, di SmartBisnis.co.id ini, juga disediakan banyak materi-materi pengembangan bisnis yang dapat diakses pra UKM, juga link ke Community Development Center-nya Telkom yang menjadi wadah pembinaan UKM dari Telkom.

Jika sudah punya, lanjutkan dengan mempromosikan web Anda. Dengan segala cara, baik cara online maupun offline. Jangan terlalu pikir jelimet, pokoknya coba segala macam promosi untuk menundang orang datang berkunjung ke web Anda.

Jika sudah banyak pembeli, maka mulailah berfikir untuk menata proses bisnis Anda. Lakukan pembagian kerja dengan karyawan sehingga Anda sebagai owner bisa lebih fokus pada strategi dan pengembangan usaha daripada melayani transaksi.

Jangan lupa berdoa. Bisnis itu naik turun, capek dan belum tentu sukses. Oleh karenanya salah satu yang bisa membuat kita survive dan sukses adalah adanya niat bisnis yang benar dan juga ditolong oleh Tuhan. Pertanyaan besar berikutnya.. bagaimana cara agar selalu ditolong Tuhan..??


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Anatomi Sepatu

Mengenal Jenis Sepatu Wanita

Ide Tugas Akhir Informatika: LPSE Crawler