Dasar Pengelolaan Keuangan Usaha (1)

Penyakit umum dari bisnis UKM khususnya start up, adalah pengelolaan keuangan yang tidak tepat. Saya perhatikan banyak UKM yang tidak maju-maju, stagnan, ataupun malah bangkrut, padahal secara sekilas saya lihat bisnisnya ramai.

Salah satu penyebab bisnis tidak besar-besar adalah dimana owner tidak memisahkan mana uang bisnis dan mana uang pribad. Dia menganggap uang usaha adalah uang pribadi, karena toh dia ownernya. dan ini SALAH.




Salah satu tips dasar yang harus dilakukan bagi Anda yang memulai bisnis, sekecil apapun itu, adalah Memisahkan Keuangan pribadi dan bisnis. =

Bikinlah satu rekening yang khusus dibuat untuk usaha Anda, masukan segala pemasukan ke rekening itu, masukan walaupun esok Anda akan perlu mengambil uang itu lagi dari ATM. Tahanlah jangan sekali-kali mengambil uang bisnis untuk keperluan pribadi. Disiplinlah !

Gajilah Diri Anda sendiri, tetapkan berapa gaji Anda perbulan, yang menjadi hak Anda sebenarnya. Walaupun Anda owner dari usaha Anda sendiri, Anda perlu mengendalikan diri untuk tidak semena-mena menarik uang bisnis Anda untuk keperluan Pribadi diluar gaji.

Upayakan untuk selalu menggaji tepat waktu, untuk Anda sekeluarga apalagi untuk karyawan Anda. Jangan pernah telat, apalagi untuk karyawan. Kalo perlu, misal cashflow sedang tidak sehat, Anda boleh meminjam keluar untuk menggaji karyawan Anda.

Selamat berdisiplin. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Anatomi Sepatu

Mengenal Jenis Sepatu Wanita

Ide Tugas Akhir Informatika: LPSE Crawler