Tips & Trik: Backpacking Europe (1)

Ini catatan lama, 4 tahun yang lalu, sayang bila cuman tersimpan di lemari, saya mencoba menuliskan ulang disini beberapa penggalan pengalaman, tips dan trik dalam backpacking trip kami ke Eropa di tahun 2010 dulu berdua bersama istri. 

Hunting tiket murah.
Memulai liburan secara backpacking, khususnya ke Eropa, sebaiknya dimulai dari hunting tiket penerbangan kesana, mengingat tiket merupakan bagian biaya yang amat signifikan. Anda bisa mencari melalui layanan pencarian tiket agregator seperti www.Kayak.com atauwww.Expedia.com, lalu dari sana akan terlihat maskapai yang memiliki penawaran terendah. Lanjutkan dengan double chek langsung ke website airlines yang bersangkutan, biasanya akan beberapa puluh dollar lebih murah.

Pengalaman kami kemarin, kami sempat melihat tiket usd 610, 850  untuk PP Jkt-Ams. Namun karena ragu2 untuk memesan, pada akhirnya kami hanya dapatkan yang USD 1320 per orang / pp, dengan menggunakan KLM. Menurut info, etihad dan emirat, sering memiliki penawaran harga yang baik.

Selanjutnya, jika sudah lihat ada tiket murah, saran saya jangan langsung dibeli. Pesanlah melalui Travel Agent Anda. Lho...? kenapa ?
Iya, karena travel agent biasanya memiliki fasilitas untuk membooking seat dalam tenggang waktu yang cukup, tenggang waktu itu dapat kita manfaatkan untuk mengurus Visa. Anda dapat bicarakan ke travel agentnya, bahwa Anda akan berangkat kesana dan kemari, lihat tiket murah harga sekian di airlines ini, tolong uruskan visanya, termasuk itinery dan semua bookingan yang diperlukan. Anda akan bayar tiketnya setelah Visa keluar. Alhamdulillah, travel agent kami sangat membantu dalam hal ini. Biaya pengurusan visa melalui travel agent kemarin adalah Rp 1.250.000, jika mengurus sendiri Anda kena sekitar 70 euro (Rp 750rb)

Selanjutnya, mengurus Visa.
Ya, saya sarankan pengurusan Visa lewat travel agent saja. Khususnya visa schengen (visa untuk masuk ke beberapa puluh negara eropa), visa ini akan mempersyaratkan kita untuk melampirkan bukti pemesanan tiket pp, bukti hotel tempat kita menginap, dari awal rencana perjalanan (ittinery) sampai akhir. Pengalaman kami apply visa schengen via Spain embassy, semua ditanyakan, hari ini nginep dimana, ke kota  itu pakai apa, mana bukti booking tiketnya, mana bukti booking hotelnya dll. Travel agent yang qualified akan mampu menyediakan semua bookingan ini tanpa biaya tambahan. Jangan lupa bilang, bahwa jika hotel tidak cocok, atau visa gagal didapat, Anda tidak akan jadi beli bookingan tersebut, alias hanya bayar biaya pengurusan Visa itu saja.

Setelah Visa keluar, Cari akomodasi murah.
Mengingat saya dah janji sama travel agent, bhw saya hanya akan gunakan jasa pengurusan visa dan beli tiket PP. Selanjutnya cari akomodasi  murah. Travel Agent jarang yang punya list daftar hotel murahan, ya..iyalah, kalo mereka jualan ini, hanya akan memperkecil omset mereka, menurunkan imej mereka dan memperbanyak komplen. Namanya hotel murah. Namun backpacker sejati,selalu mencari akomodasi yang paling murah, sinonim dari backpacker adalah: Turis Prihatin !

Untuk mencari akomodasi murah, Anda bisa cari lewat www.hostelworld.com,www.hostel.comwww.hostelz.comwww.booking.comwww.venere.com. Khusus venere ini menang lengkap di list hotel di eropa, free booking fee, namun daftar hostel murah tidak tersedia, sisanya meminta booking fee 10%, masih murahlah :-). Kemarin saya coba beberapa tipe akomodasi.

Di Barcelona saya pesan apartemen, lewat booking.com. Alhamdulillah kok rasanya nyaman dan murah ini apartemen 1 kamar. Sbenernya ini apartemen muat s.d 4 orang. Ada 1 kamar muat 2 orang dan 1 living room muat 2 orang juga. Tapi karena hanya travelling berdua, saya cukup puas dengan pengiritan dalam hal:  Makan, Sarapan, Laundry, Internet. Karena apartemen ini cukup lengkap, ada dapur, mesin cuci, setrikaan, koneksi internet gratis (dikasi pinjam Modem stick + wireless hub-nya). Yang nggak ada hanyalah room servicenya. Tak apa-apa toh ? namanya juga backpacker (baca: turis prihatin). Oia... apartemen yang kami booking itu, sebenarnya bisa kita pesan dengan harga lebih murah langsung ke webnya dia di www.apartemensapart.com

Bersambung ya...

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Anatomi Sepatu

Mengenal Jenis Sepatu Wanita

Ide Tugas Akhir Informatika: LPSE Crawler